Rekrutmen PPPK, Nadiem Upayakan Guru Honorer Dapat yang Terbaik

Rekrutmen PPPK, Nadiem Upayakan Guru Honorer Dapat yang Terbaik

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan terus memperjuangkan hak para guru honorer dalam proses rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Kami mengambil posisi yang sangat jelas juga, kami sedang memperjuangkan, bahwa seluruh proses rekrutmen ini kami ingin pastikan memaksimalkan afirmasi,” tutur dia dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI, Rabu (19/1).

Adapun, afirmasi yang di maksud adalah berupa kesempatan terbesar untuk memprioritaskan para guru untuk masuk di sekolah induknya. Pasalnya terdapat isu lain terkait hal ini, yakni guru-guru yang lolos passing grade, namun kalah dengan beberapa guru swasta.

BACA JUGA:Viral, Ada Guru Bahasa Jepang Cantik di SMKN Susukan: Jadi Pengen Sekolah Lagi!

“Kita untuk memastikan dan memaksimalkan bahwa kita memberikan kesempatan tersbesar dahulu bagi guru-guru honorer di sekolah-sekolah negeri di sekolah induknya dia. Sehingga dia bisa mendapatkan kesempatan terbesar,” imbuhnya.

Kata Nadiem, pihaknya akan berkoordinasi bersama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) untuk dapat mewujudkan kesejahteraan yang merata bagi para pendidik. Mengingat bahwa guru honorer masih belum mendapatkan kesejahteraan yang layak.

“Ini sangat penting, tapi ini adalah keputusan bersama di Panselnas. Jadi mohon dukung kami dalam perjuangan ini dan Insyaallah kita akan mendapatkan terobosan, kami akan terus berjuang untuk mencapai ini,” jelas Nadiem.

Dirinya menegaskan agar proses rekrutmen PPPK guru dapat lebih baik lagi di masa mendatang. Sehingga benar-benar dapat memprioritaskan guru-guru honorer negeri di sekolah induknya dulu.

“Lalu sudah lulus passing grade jangan disuruh ngambil tes lagi. Pada saat formasinya tiba-tiba keluar, dia harusnya diamankan formasi itu untuk mereka. itu adalah posisi Kemendikbusristek,” pungkas Nadiem.(jp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: